Menikmati Panorama Prambanan dari Spot Riyadi

Menikmati Panorama Prambanan dari Spot Riyadi

Kabut tipis di pagi yang mendung tampak masih menyelimuti kawasan candi Prambanan di perbatasan Sleman dan Klaten. Bagaimana dulu Bandung Bondowoso membangun Prambanan demi cinta Roro Jonggrang? Demi cinta sang Jonggrang, Bandung Bondowoso pun membangun candi Prambanan dan perwara-perwara di sekelilingnya hanya dalam semalam, dengan epilog mengutuk Jonggrang menjadi patung. Pagi itu, monumen cinta Bandung Bondowoso tampak kokoh berdiri diantara hijau pepohonan. Inilah yang Dolanmaning lihat, sebuah pemandangan yang indah dari sebuah tempat bernama Spot Riyadi.

Sekilas lokasi Spot Riyadi tak tampak sebagai obyek wisata. Bagaimana tidak, tempat ini hanya sebuah jurang kecil di pinggir jalan desa di depan rumah warga yang bernama pak Riyadi. Namun, di bibir jurang inilah panorama indah Prambanan, persawahan, plus gunung Merapi bisa dinikmati dengan eloknya.

Prambanan

Terletak di desa Sambirejo, kecamatan Prambanan, Sleman, atau sebelah selatan komplek Prambanan, Spot Riyadi menawarkan view candi Prambanan berlatarkan Merapi. Pak Riyadi menyarankan agar pejalan datang di pagi hari, sekitar jam 6 pagi untuk menikmati pemandangan yang wow. Tentunya jika tidak mendung.

Pemandangan yang mendung di pagi itu

Pemandangan di malam hari pun tak kalah menarik, yaitu kerlap-kerlip lampu di seputaran Prambanan dan tentu saja candi Prambanan yang tersorot lampu.

Uniknya, Spot Riyadi ini dikelola oleh pak Riyadi sendiri, sampai-sampai ia mendirikan anjungan untuk selfie bertajuk “Jembatan Cinta” yang terletak di halaman rumahnya menghadap ke Merapi. Di sini pula terdapat semacam pendopo kecil yang berfungsi sebagai warung dengan aneka menu sederhana.

Di timur rumah pak Riyadi juga terdapat hamparan rumput hijau yang ditujukan untuk kemah bagi siapa saja yang ingin menikmati malam yang berbeda.

Dolanmaning di Spot Riyadi

Lokasi Spot Riyadi mudah dijangkau. Dari Jogja, kalian bisa melewati jalan raya Solo dan belok kiri di pertigaan sebelum candi Prambanan (ke arah Pyong Yang, eh salah ding, ke arah Piyungan). Setelah lewat rel kereta, berbeloklah ke arah kiri mengikuti rute ke resto Abyagiri. Nah, di dekat Abyagiri kalian akan menjumpai petunjuk ke Spot Riyadi.

Content Protection by DMCA.com

Leave a Reply

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: