Obyek wisata baru di Jogja yang Instagramable (1)

Obyek wisata baru di Jogja yang Instagramable (1)

Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta atau lebih kondang disebut Jogja tak hanya istimewa pada masalah pemilihan gubernurnya, tempat dolan pun tak kalah istimewa dan seakan tak ada habisnya. Tak hanya melulu Tugu, Kali Biru, Merapi, candi Prambanan, Kraton dan Malioboro-nya, kawasan di sekitaran Jogja tak kalah menarik untuk disambangi, terlebih lagi destinasi-destinasi baru tersebut sangat instagramable. Nah, apa saja obyek wisata baru di Jogja yang instagramable? Berikut hasil penelusuran dolanmaning di jagad IG untuk mengetahui obyek wisata baru di Jogja yang instagramable, bagian pertama – kabupaten Bantul:

Mari kita mulai dari kabupaten Bantul, atau tepatnya di selatan kota Jogja, yang selama ini terkenal dengan pantai mistis Prangtritis, kawasan gumuk pasir dan tentu saja Kebun Buah Mangunan. Bantul ternyata semakin hits dengan hutan pinusnya. Di kawasan kecamatan Dlingo, atau disekitaran obyek wisata Kebun Buah Mangunan, terdapat aneka destinasi baru yang sangat apik di-instagram-kan, mulai dari:

1. Bukit Panguk Kediwung, Dlingo, Bantul

Di sini kalian bisa menikmati matahari terbit di lembah sungai Oya yang berselimut kabut pagi. Jika ingin mendapatkan ‘momen’ kabut, datanglah di pagi hari. Konon, kabut semakin tebal saat musim hujan terutama jika hujan deras di malam harinya.

2. Jurang Tembelan Kanigoro, Mangunan, Dlingo, Bantul

Masih di kawasan Mangunan, panorama lembah sungai Oya seakan membuat mata tak berkedip meski dilihat dari sisi lain. Di Jurang Tembelan, kalian bisa berfoto di anjungan bambu yang berbentuk mirip perahu kecil.

Cinta adalah hasrat untuk bersatu dengan sesuatu yang dirasa perlu untuk melengkapi dirinya, dengan cara-cara yang paling sempurna yang diizinkan oleh alam. ➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖ Loc : Jurang Tembelan Kanigoro, Mangunan 📷 : @eko_rizkie ➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖ #explorejogja #wonderful_location #nusantarakita #dolanjogja #potretjogja #galerijogjajateng #yogyakartaa_istimewa #kerengan #jalan2dijogja #jogjajateng #berandajogja #jogja24jam #pejalanindonesia #jogjaku #jpmpjogja #indotravellers #keluarsebentar #repostindonesian #jalanjalanseru #parapejalan #jogjaistimewa #semuaserbaindonesia #jogjamedia #berandajogja #pesonajogja #asalpiknik #mainkesini #kangenjogja #viewjogja #indoadventurezone #dolankesana

A post shared by Muhammad Ridwan Arfani | jogja (@ridwan_arfani) on

3. Pinus Pengger, Dlingo, Bantul

Lagi-lagi kawasan Dlingo dan lembah sungai Oya memberi spot bagus. Kali ini kreatifitas para pengelola patut diacungi dua jempol dengan membuat ‘tangan’ raksasa tempat kalian bisa berpose.

4. Tebing Watu Mabur Mangunan, Dlingo, Bantul

Masih sama tentang lembah sungai Oya, kali ini spot menarik bernama Tebing Watu Mabur yang berada di kawasan Manunan, Dlingo. Sama seperti spot lembah Oya lainnya, menimkati sunrise berbalut kabut menjadi hal yang wajib disini. Meskipun, kalian bisa datang di siang hari untuk sekadar menikmati pemandangan.

5. Bukit Mojo, Dusun Gumelem, Mangunan, Dlingo Bantul

Masih dan lagi, panorama lembah sungai Oya menjadi andalan destinasi ini. Di sini kalian bisa menikmati sunset dari anjungan yang dinamai gardu pandang. Di tempat ini juga diperbolehkan untuk camping.

6. Hutan Pinus Mangunan, Dlingo, Bantul

Salah satu hutan pinus yang pertama nge-hits di Jogja sekitar awal 2015. Meski bukan destinasi yang terbilang baru, namun panorama dan suasana hutan pinus khas pegunungan akan membiusmu. Hutan ini berlokasi di atas kawasan kebun buah, dan mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi.

7. Puncak Becici, Dlingo, Bantul

Tak jauh dari kawasan kebun buah, sama seperti hutan pinus Mangunan, Puncak Becici bisa dibilang tak baru-baru amat. Puncak Becici pun sudah lumayan kondang sebelumnya. Namun pesona alam lembah sungai Oya tampaknya tak henti menarik perhatian pecandu pemandangan alam dan menikmatinya dari Puncak Becici adalah salah satu alternatifnya.

Puncak Becici, YK 😁 #puncakbecici #yogyakarta

A post shared by Andika Billie McrMy (@andikamcrmy) on

8. Air Terjun Lepo, Dlingo, Bantul

Konon, air terjun ini mirip-mirip dengan Erawan Falls di Erawan National Park, Thailand. Amin dolanmaning sendiri belum pernah ke Thailand, jadi percaya-percaya aja deh 😀 Air terjun Lepo berada di dusun Pokoh 1, Dlingo, Bantul, dan memiliki 4 tingkat. Lepo sendiri adalah singkatan dari Ledok Pokoh, alias lembah Pokoh.

9. Rumah Seribu Kayu Negeri Dongeng (Seribu Batu Songgo Langit), Dlingo, Bantul

Ingin merasakah di negeri dongeng ala Hobbit? Mungkin kalian bisa ke Rumah Seribu Kayu Negeri Dongeng di di dusun Sukorame Mangunan, Dlingo, Bantul. Tak hanya berpose di rumah-rumah mini ala negeri dongeng, kalian bisa mencoba wahana outbond di sini seperti flying fox dan sebagainya.

10. Air terjun Randusari, Dlingo, Bantul

Satu lagi destinasi dolan di Kecamatan Dlingo, yaitu air terjun Randusari yang berada di dusun Rejosari, Jatimulyo, Dlingo, Bantul. Dengan ketinggian sekitar 15 meter, air terjun ini merupakan salah satu yang tertinggi di Bantul.

11. Curug Pulosari, Dusun Krebet, Sendangsari, Pajangan, Bantul

Air terjun yang cukup photogenic dengan air yang mengalir di atas tirai stalagtit (lihat foto utama di post ini). Meski tak terlihat besar, namun cukup wah untuk mata yang haus akan keindahan dan kesejukan alam. Baca lebih lengkap di sini.

12. Bukit Gupit atau Bukit Paralayang, Parangtritis

Di sebelah timur pantai Parangtritis terdapat sebuah bukit bernama Gupit yang biasanya dipakai untuk landasan terbang olahraga paralayang, dan di puncak bukit ini kalian dapat menikmati pemandangan spektakuler pantai Parangtritis dari atas dengan bonus matahari terbenam. Liputan lengkapnya di sini.

Terima kasih buat IGers diatas buat foto-fotonya yang kece, dan bersambung …

Content Protection by DMCA.com

Leave a Reply

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: