Mercusuar Pantai Baron, tempat asik menikmati panorama pantai selatan

Mercusuar Pantai Baron, tempat asik menikmati panorama pantai selatan

Cakrawala tak terbatas membentang di depan mata, di sisi selatan tampak samudera yang luas tak terkira, di sisi barat tampak gugusan pantai dan tebingnya yang tampak mempesona, di sisi utara tampak perbukitan gunung sewu yang mulai menghijau, dan si sisi timur tak kalah apiknya dengan sisi barat yang menampilkan gugusan pantai. Dari ketinggian sekitar 40 meter, Dolanmaning menikmati pemandangan yang tak biasa di kawasan laut selatan Gunungkidul. Dari puncak Mercusuar Pantai Baron Gunungkidul, semua tampak mempesona.

Ada hal yang menarik dari pantai Baron saat ini. Pantai yang bisa dibilang menjadi ikon pariwisata Gunungkidul dan sudah kondang sejak tahun 80-an, kini memiliki wahana lain yang bisa digunakan untuk menikmati panorama pantai selatan. Adalah sebuah menara suar atau yang lebih dikenal dengan mercusuar atau ‘lighthouse’ dalam Bahasa bulenya. Meski nama resminya adalah Menara Suar Tanjung Baron, lokasi ini lebih dikenal dengan nama Mercusuar Pantai Baron.

Mercusuar pantai Baron dilihat dari Baron Technopark

Meski dari dulu pantai Baron sudan memiliki mercusuar, namun yang ini adalah mercusuar baru dan didirikan di kisaran tahun 2014 oleh kementerian perhubungan RI. Yang lama terbuat dari Menara besi yang sudah rapuh dimakan waktu. Letaknya di sisi timur pantai Baron, di tanjung Baron, membuat siapa saja menjadi penasaran untuk menaikinya. Kini mercusuar ini pun sudah hits di IG dan menjadi lokasi yang kekinian untuk selfie atau wefie. Konon, wefie di sini wajib hukumnya, tentunya jika kalian kesini sama teman, kalau sendiri ya selfie aja.

 

Akses menuju ke mercusuar pantai Baron bisa melewati pantai Baron dan silahkan melipir ke timur menaiki tangga darurat menuju puncak bukit Baron di sisi timur. Di bibir tangga darurat ini kalian akan ditarik retribusi sebesar Rp.2.000 untuk perawatan tangga. Maklum lah karena tangga ini dibuat secara swadaya.

Pemandangan pantai Baron di hari Minggu terlihat dari bukit sisi timur

Selain itu, kalian juga bisa langsung ke TKP dengan kendaraan kalian melalui jalan tanah sebelum pantai Kukup. Kalian bisa melewati jalan pantai Baron ke arah timur dan akan ada papan petunjuk ke arah selatan menuju ke mercusuar.

Pungli alias pungutan liar

Memasuki mercusuar ternyata tidak gratis gan! Awalnya Dolanmaning pikir macam di Baron Technopark yang gratis karena sama-sama milik negara. Namun ternyata eh ternyata, kalian akan dipungut Rp.10.000 (sepuluh ribu rupiah) per kepala untuk bisa memasuki dan menaiki mercusuar pantai Baron. Namun lagi, jangan kaget jika kalian tidak menjumpai karcis resmi, karena “pungutan” ini sepertinya tidak masuk ke PAD (pendapatan asli daerah) atau PNBP (pendapatan nasional bukan pajak).

Puncak mercusuar dilihat dari Baron Technopark

Dolanmaning sebenarnya sangat menyayangkan aksi ini. Selain menguntungkan oknum-oknum tertentu, praktek ini tentu saja menyuburkan budaya koruptif dan tipu-tipu. Pastinya, negara dirugikan karena yang membangun mercusuar adalah negara tapi oknum-oknum pegawai kementerian perhubungan dalam hal ini direktorat jendral perhubungan laut malah main-main.

Kami tidak keberatan untuk membayar Rp.10.000 asalkan masuk kas negara, dan bisa digunakan untuk kepentingan yang mendukung seperti kebersihan, pembangunan toilet, perawatan bangunan atau asuransi kecelakaan. Silahkan memungut retribusi tapi resmi! Namun ya gitu deh, namanya Indonesia, dimanapun pasti ada pungli dan dunia pariwisata ini sangat rentan dengan per-punglian. Tampaknya usaha Presiden Jokowi untuk merevolusi mental para pegawai instansi pemerintah belum menyentuh kawasan Baron.

Sekadar catatan, Dolanmaning sendiri tidak mengetahui apakan orang awam seperti wisatawan sebenarnya diperbolehkan naik ke menara suar mengingat fungsi utama bangunan ini adalah bukan sebagai tempat wisata tapi sebagai alat bantu navigasi kelautan. Misalnya dilarang naik, oknum tersebut sudah pasti melanggar aturan karena memperbolehkan orang awam naik ke menara, dan kita para pejalan pun bisa dipersalahkan.

Tapi dan tapi, demi mendapatkan spot dan pengalaman baru, Dolanmaning dan seorang kawan dolan pun membayar untuk sekadar bisa mearasakan sensasi berdiri di puncak mercusuar 😀

Sensasi pemandangan dari atas menara

Kalian harus melewati tangga putar sebanyak 7 kali dan masing-masing tangga terdiri dari sekitat 30an anak tangga. Untuk mencapai pelataran lampu mercusuar, kalian harus menyambung langkah dengan menaiki tangga vertikal setinggi kurang lebih 4 meter. Setelah itu sampailah di pelataran lampu mercusuar dan kalian akan melihat pemandangan yang spektakuler.

Tangga putar
Tangga vertikal

Di atas mercusuar pantai Baron ini kalian bisa melihat panorama laut selatan dan gugusan pantai beserta bukitnya di kawasan Baron.

Seperti yang disebutkan di awal, di sisi selatan terlihat lautan lepas yang biru  dan sejauh mata memandang adalah horizon tanpa batas.

Di sisi barat terlihat kawasan Baron Technopark dengan jam mataharinya dan di sisi baratnya tampak perbukitan dan gugusan pantai seperti pantai Kayu Arum, Pantai Peyuyon, Pantai Widodaren, dan sekitarnya meski tak terlihat dengan jelas.

Pemandangan sisi barat

Di utara adalah pemandangan perbukitan gunung sewu yang mulai menghijau. Kombinasi warna batu karst dan vegetasi tutupan berwarna kehijauan menjadikannya sangat khas Gunungkidul. By the way, perbukitan Gunung Sewu ini sudah dinobatkan sebagai World Geo Park, alias taman bumi dunia, oleh UNESCO lho.

Pemandangan sisi utara, perbukitan Gunung Sewu dan sebelah kiri bawah adalah pantai Baron

Di sisi timur tampak pantai Kukup tetangga pantai Baron dan juga bukit-bukit di gugusan pantai kawasan Kecamatan Tanjungsari Gunungkidul.

Pemandangan sisi timur

Tips

Persiapkan fisik kalian untuk menaiki anak tangga menuju puncak 40 meter. Hati-hati dalam melangkah dan jangan sampai ketinggalan barang bawaan anda, loh kok jadi kayak di Busway 😀 Siapkan juga uang pas untuk membayar pungutan liar memasuki mercusuar.

Silahkan bawa minuman karena di puncak tidak ada warung 😀

Waktu yang tepat untuk menaiki mercusuar adalah pagi atau sore menjelang petang untuk menikmati mentari terbenam. Sebenarnya siang hari pun tak masalah asal tidak hujan.

Lokasi

Mercusuar Pantai Baron terletak di desa  Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul, DIY. Akses dari Yogyakarta bisa melewati jalan Wonosari melalui kota Wonosari dan jalan raya Baron, atau bisa melalui Playen dan Saptosari (jalur selatan).

Content Protection by DMCA.com

Leave a Reply

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: