Menikmati Sunset di Jam Matahari Baron Technopark

Menikmati Sunset di Jam Matahari Baron Technopark

Selain terdapat pantai tersembunyi yaitu pantai Kayu Arum, kawasan sekitar pantai Baron, Gunungkidul, Yogyakarta, juga memiliki lokasi wisata edukatif yang juga menjadi salah satu tempat favorit pejalan untuk menonton mentari terbenam. Adalah Baron Technopark yang terletak di barat pantai Baron dan terkenal dengan keberadaan jam mataharinya.

Sebagai ajang untuk pengembangan riset dan teknologi, Baron Technopark dimiliki oleh pemerintah yaitu BPPT dan menariknya, pihak pengelola tidak memungut retribusi apapun alias gratis untuk memasuki kawasan. Dolanmaning harus acungi dua jempol untuk instansi Baron Technopark. Selain itu, penjaganya pun ramah dan dengan jujur bilang bahwa tak ada retribusi masuk alias gratis.

Baron Technopark tampak depan

Perjalanan Dolanmaning ke Baron Technopark sebenarnya tidak direncanakan sebelumnya. Dalam itinerary of dolan, kami hanya memasukkan pantai Kayu Arum sebagai destinasi utama. Namun karena lokasi parkir ke pantai Kayu Arum berada di samping Baron Technopark, maka kami pun sekadar iseng ingin melengkapi perjalanan kami dengan menyambangi Baron Technopark.

Jalan menuju anjungan Jam Matahari. Bersih dan rapi

Kata kawan dolan yang ikut mbolang bersama Dolanmaning, Baron Technopark bagus untuk menikmati sunset. Dan kenapa tidak, setelah selesai mantai di pantai Kayu Arum, kami pun mengakhiri itinerary dengan melihat sunset  di spot jam matahari Baron Technopark.

Jam Matahari

Mungkin sebagian dari kalian masih ingat dulu saat SMP, kalian pernah diajari membuat jam matahari. Dengan prinsip bumi mengitari matahari, pergerakan bumi bisa dilihat dari bayangan jarum jam raksasa yang memantul di tanah yang sudah diberi nomor VI – XVIII penanda waktu. Kenapa hanya dari pukul 6 pagi hingga 6 petang? Tentu saja karena sinar mentari hanya bisa dijadikan pedoman saat sinarnya masih menyinari bagian bumi, alias pagi hingga petang.

Hal yang lebih menarik bagi Dolanmaning sebenarnya adalah mentari terbenam 😀 yang bisa dinikmati dari anjungan jam matahari ini. Dengan posisi yang menjorok ke selatan dengan pandangan luas di barat, posisi ini menjadikan anjungan jam matahari bagai panggung teater pertunjukan sunset. Sepintas Dolanmaning ingat senja di pantai Kesirat yang sangat aduhai sekaligus syahdu.

Mercusuar Baron terlihat dari Baron Technopark

Waktu yang tepat untuk berkunjung

Sejatinya, kalian bisa mengunjungi Baron Technopark kapan saja saat tempat ini buka dari pagi sampai habis mahrib. Namun lebih mantap jika kalian ke sini menjelang  jam 5 atau idealnya 16:30 sebagai persiapan melihat sunset.

Siang hari di sini sangatlah terik mengingat lokasinya di semenanjung dan terbuka. Maka dari itu, anjungan Jam Matahari Baron Technopark sangat pas dikunjungi saat sore hari.

Menjelang sunset di anjungan Jam Matahari Baron Technopark. Sayang waktu itu cakrawala agak mendung.

Lokasi

Baron Technopark terletak di desa Kanigoro, Saptosari, Gunungkidul, DIY. Kalian bisa mengunjungi lokasi ini setelah mantai di kawasan Baron atau bisa juga sehabis mantai di Kayu Arum.  Dolanmaning sendiri datang dari arah Playen atau Panggang (dari barat). Jika lewat Baron, maka kalian bisa ke sini lewat Wonosari. Jalan aspal mulus dan papan petunjuk besar di jalan lintas selatan menjadikan lokasi ini mudah diakses.

Content Protection by DMCA.com

Leave a Reply

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: